Jakarta Internasional Stadium Diklaim Sekelas Old Trafford, Anies Baswedan: Atapnya Bisa Buka Tutup Alias Retractable Roof

Jakarta Internasional Stadium Diklaim Sekelas Old Trafford, Anies Baswedan: Atapnya Bisa Buka Tutup Alias Retractable Roof

Sedot anggaran 4,4 triliun, Begini Fitur Andalan JIS di daerah Jakarta Utara--Facebook.com/Anies Baswedan


Sedot anggaran 4,4 triliun, Begini Fitur Andalan JIS di daerah Jakarta Utara||Facebook.com/Anies Baswedan

Trendingnews.Id - Publik dibuat penasaran, bahwa DKI Jakarta bakal memiliki stadion terbesar, termegah dan terlengkap.

Bahkan disebut-sebut pula, bahwa fitur stadion yang diberi nama Jakarta Internasional Stadium atau JIS ini setara Old Trafford.

Lantas pertanyaan pun muncul, kehebatan fitur apa yang ditawarkan JIS yang konon sampai menelan anggaran sebesar Rp 4,4 triliun ini?

Nah, demi menjawab rasa penasaran, tak ada salahnya jika dibedah keunggulan JIS dibanding stadion-stadion lain.

(BACA JUGA:Kelanjutan Kasus Penembakan 6 Laskar FPI, Kapolri Listyo Sigit Prabowo: Sudah Kami Hentikan, Karena Alasan ini!)

Baru-baru ini, Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta sempat memamerkan pembangunan infrastruktur Ibu Kota ini.

Lewat sambutannya, Anies mengatakan stadion bertaraf internasional itu punya kecanggihan yang tidak dimiliki pembangunan lain, di antaranya fasilitas atap yang bisa dibuka tutup.

"Hari ini kita menyaksikan satu milestone penting di dalam pembangunan Jakarta Internasional Stadium," ungkap Anies di lokasi JIS di daerah Jakarta Utara, pada Rabu 16 Juni 2021.

"Salah satu yang unik dari stadion ini adalah dibangun menggunakan atap dan atapnya bisa buka tutup, retractable roof, atap buka tutup," lanjut mantan Menteri Pendidikan Nasional itu.

(BACA JUGA:PTM Terbatas Akan Dimulai Juli 2021, Puan Maharani Kasih Masukan Agar Sekolah di Luar Ruangan dan Harus Ijin Orang Tua! )

Selain itu, Anies juga mengungkapkan akan segera dilakukan pemasangan rangka.

Rangka tersebut, merupakan kerangka terpanjang, yakni 270 meter dan berat 3.900 ton dalam satu rangkaian diangkat bersamaan.

Nah, proses pemasangan rangka atap JIS ditargetkan rampung pada 5 Juli 2021. "Kemudian Desember 2021 Insya Allah akan dijadwalkan pertandingan perdana di JIS ketika seluruh pembangunannya rampung," yakin Anies Baswedan.

Anies Baswedan memiliki target menyelesaikan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) pada bulan Oktober 2021.

(BACA JUGA:UU ITE Kerap Dijadikan Pasal Karet untuk Membungkam Kritik, Mahfud MD: Pemerinah Akan Revisi 4 Pasal Lama dan Tambah 1 Pasal )

Tapi saat ini konstruksi stadion megah yang berlokasi di Kelurahan Papanggo, kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara itu baru mencapai 52,5 persen.

+++++

Meski begitu, menurut Anies, BUMD PT Jakpro tetap optimis bisa merampungkan sesuai target.

Saat ini, pembangunan JIS di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara memasuki tahap pemasangan rangka atap.

Rangka atap tersebut nantinya akan dilengkapi juga dengan fitur sky viewing deck, di mana pengunjung bisa menikmati pemandangan lapangan dari sisi atas stadion dan mengelilingi lingkaran atap stadion.

(BACA JUGA:Akhirnya Lupin Season 2 Tayang di Netflix Senin 14 Juni 2021, Langsung Jadi Trending, Motor Assane Diop Bikin Penasaran)

Dibangun dengan biaya tidak kurang dari Rp 4,4 triliun, pembangunan stadion JIS diproyeksikan rampung pada tahun ini.

Stadion tersebut akan memiliki tribun tiga tingkat yang dapat menampung hingga 82.000 penonton.

Lalu luasnya, mencapai 300 ribu meter persegi dengan tinggi bangunan mencapai 70 meter.

Stadion ini juga menggunakan rumput hybrid berstandar internasional. Kelebihannya, lapangan dapat digunakan hingga 1.000 jam pertandingan. Sementara, rumput natural hanya bisa kuat selama 300 jam.

Spesifikasi tersebut pun disebutnya telah sesuai dengan standar federasi sepak bola dunia FIFA dan green building. *

Sumber: berbagai sumber